Kamis, 01 Oktober 2015

AUTOBIOGRAFI

Bismillahirrahmanirrahim, nama saya Dwi Bagus Nurcahyo, biasa dipanggil Bagus.  Saya anak pertama dari 2 bersaudara. Saya lahir di Jakarta, 29 Agustus 1994. Saya tinggal di Jalan Jl Waru II No.56 Rt.011 Rw.009 Kayu Tinggi Cakung, Jakarta Timur. Dilihat dari nama saya yang artinya “Dwi adalah kedua,diambil karena saya anak kedua, Bagus adalah kata sifat agar berperilaku yang bagus”, dan Nurcahyo adalah cahaya, Jadi maksud dari nama saya adalah anak kedua yang memberikan cahaya yang bagus”.

Saya terlahir di keluarga sederhana. Ayah saya bernama Djoko Budiono dan ibu saya bernama Wiwik Dewi Marissa. Ayah saya lahir di Magetan, 25 Maret 1969, Ibu saya lahir di Ngawi, 24 Maret 1970, Kakak saya lahir di Jakarta, 21 Juli 1993 hanya berbeda 1 tahun dengan saya, dan yang terakhir adik saya lahir di Jakarta, 15 April 2006. Ayah saya bekerja sebagai wiraswasta. Sedangkan ibu saya sebagai ibu rumah tangga. Diah Citra Ayu Budiani, kakak pertama saya sebagai mahasiswi di sebuah universitas Yayasan Administrasi Indonesia. Dan adik saya, Putri Fazilla Azahra bersekolah di SDN 06 Pagi Cakung Timur. saya mempunyai sifat yang mudah untuk bergaul, saya sangat senang jika saya berada dekat dengan teman-teman.

Ada satu hal yang saya nikmati, yaitu saya bahagia menjadi diri sendiri. Saya bersyukur dengan apa yang saya punya dan dapatkan saat ini. Saya tidak suka untuk mengikuti gaya yang biasanya teman –teman ikuti. Saya cenderung memilih apa yang menurut saya nyaman.

Saya mengidolakan  Nabi Muhammad SAW. Saya mengidolakan beliau karena beliau mempunyai ketegaran hati dan semangat yang besar serta dapat diandalkan. Saya berharap agar saya dapat seperti beliau yang memiliki ketegaran hati dan semangat yang tinggi sehingga saya kelak dapat diandalkan di kehidupan bermasyarakat.

Waktu kecil keluarga saya pernah mengalami musibah yang sangat mengerikan, yaitu “kebakaran”, sewaktu ayah saya menjadi agen sembako di daerah cakung, untungnya dari kejadian itu keluarga saya tidak mengalami kecelakaan. Setelh kejadian tersebut keluarga saya memutuskan untuk pindah ke daerah Jakarta Barat, tepatnya di daerah Semeru, Grogol Petamburan Jakarta Barat. Disana saya memulai untuk bersekolah dari sejak saya berumur 5 tahun.

Ketika itu, saya memulai pendidikan di Taman Kanak-kanak Aisyah. Hanya 1 tahun saya bersekolah di TK, di TK saya mempunya teman” yang baik dan kami senang bermain.

Banyak kejadian yang pernah saya alami sewaktu masih TK. Mulai dari kejadian yang paling menyedihkan hingga kejadian yang paling memalukan. Dimulai dari kejadian yang paling menyedihkan dulu waktu TK saya pernah jatuh hingga gigiku harus tanggal. Ketika itu saya sedang bermain prosotan aku sempat terjatuh dengan kepala berada di bawah. Dan dalam kejadian tersebut saya harus rela satu gigiku tanggal. Jika soal jatuh tak hanya kali ini saja.

Selain itu saya pun pernah terjatuh ketika acara jalan santai bersama teman- teman satu kelas dan bapak ibu guru. Sewaktu itu saya memakai sepatu yang bertali. Di tengah jalan tali sepatu yang saya pakai lepas dan tidak sengaja saya menginjaknya. Dan saya pun terjatuh tengkurap di jalan. Kedua telapak tangan dan kaki saya berdarah terkena kerikil- kerikil yang ada di jalan. Itu adalah bebarapa pengalaman yang menyedihkan sewaktu saya TK.
          
Ada juga pengalaman yang paling memalukan ketika aku TK. Pada waktu itu aku baru saja pulang dari rumah sakit. Seminggu setalah aku pulang dari rumah sakit kedua orang tuaku sepakat supaya aku kembali bersekolah kembali. Pada hari pertama aku masuk sekolah setelah sekian lama harus merasakan sakitnya jarum suntik aku sangat senang sekali karena dapat bertemu dengan teman- teman kembali.

Pada hari itu di tengah- tengah pelajaran tiba- tiba perutku mules sekali. Sebenarnya pada saat itu ingin sekali aku minta izin untuk pergi ke kamar mandi tetapi urung aku lakukan karena takut dengan guruku yang sedang mengajar. Kemudian aku tidak menyangka sekali sebuah ledakan besar keluar dari pantatku. Suara hening karena semua siswa mendengarkan penjelasan dari guru tiba- tiba berubah menjadi tertawaan yang begitu keras. Sungguh sangat malu sekali pada waktu itu. Itulah pengalaman yang paling memalukan dalam hidupku dan aku selalu berharap tak akan pernah mengulanginya kembali.

Selanjutnya saya masuk disekolah dasar negeri 05 pagi, yang berlokasi di Grogol Pertamburan Jakarta Barat, dekat dengan tempat tinggal saya. Ketika SD saya pernah mengalami pengulangan di saat kelas 3 SD, dikarenakan saya waktu di kelas 3 SD sakit. Ketika saya beranjak ke kelas 5, keluarga saya memutuskan untuk pindah rumah, kami pindah di daerah Tomang Jakarta Barat, di karenakan daerag grogol cepat sekali banjir ketika musim hujan datang. Akhirnya saya pindah SD di saat saya kelas 5 SD. Saya pindah ke SD 01 Pagi Tomang. 2 tahun saya berlajar di SD tersebut hingga akhirnya saya lulus.

Kemudian saya lanjut kesekolah dengan tingkat yang lebih tinggi, yaitu Sekolah Menengah Pertama Negeri 89 Jakarta Barat, yang berlokasi di Jalan Tanjung Duren. Selama saya SD hingga lulus SMP, saya tergolong anak yang kurang dalam hal internet dan tekhnologi. Ketika saya SMP, saya sering bermain ketika pulang sekolah di warnet dekat sekolah, pulang tidak tepat waktu, hingga bermain warnet berjam-jam.

Tapi sejak saya lulus dari SMP, dan berlanjut ke Sekolah Menengah Kejuruan Dinamika Pembangunan 1 Jakarta Timur, yang berlokasi di Jalan Penggilingan. Saya mengambil jurusan Teknik Kendaraan Ringan yang dulu biasa disebut Otomotiv. Keluarga saya pindah ke daerah Jakarta Timur karena sebelumnya keluarga saya memang sudah memiliki di daerah Jakarta Timur, namun dulu dikontrakan oleh orang tua saya. Sebenarnya saya ingin jurusan Teknik Komunikasi Jaringan, namun di sekolah tersebut tidak ada jurusan yang saya inginkan. Saya sangat senang berolahraga, sewaktu saya sekolah saya ikut eskul futsal. Saya juga pernah ikut eskul basket.

Sewaktu saya kelas 2 SMK, saya melaksanakan Praktek Kerja Lingkungan (PKL) di suatu Perusahaan terkemuka di Indonesia di bidang Otomotiv. Saya PKL selama 3 bulan, banyak pengalaman yang bisa saya ambil selama saya PKL. Bulan pertama saya pernah ditugaskan sebagai Suplay, suplay bekerja sebagai penyiapan material untuk ke bagian produksi, di bulan ke 2 saya bekerja sebagai Quality Control (QC), QC bekerja sebagai pengecekan kembali material yang sudah jadi apakah terjadi kerusakan atau cacat pada material tersebut, jika terjadi kerusakan material tersebut akan di riject, dan bulan yang ke 3, saya bekerja sebagai operator mesin, dimana operator menjalankan mesin yang membuat bahan mentah menjadi sebuah produk. Disitu saya mendapat pengalaman berharga yang membuat saya belajar lebih semangat lagi agar bisa bekerja. saya sudah mempunyai cita-cita ingin menjadi IT yang sukses di dunia maupun di akhirat, sebenarnya jauh dari jurusan saya, namun saya sudah mengenal komputer sejak kecil, karena setelah kejadian kebakaran orang tua saya membka toko service printer maupun jual dan beli. Disana lah saya belajar menggunakan komputer, walaupun saya hanya bisa bermain game saja. Ketika semakin dewasa saya sadar ahwa dengan komputer saya bisa menghasilkan.

Akhirnya saya mulai memahami komputer dan belajar bagaimana cara menginstall komputer dan lainnya. Hal itu membuat saya belajar dengan giat dan masuk ke jurusan Sistem Informasi ketika suatu saat nanti saya kuliah.. Seorang yang kaya raya tentu terlahir dari sifat pekerja keras. Tidak ada seseorang yang kaya raya tanpa berusaha, itulah pandangan hidup saya saat duduk di bangku SMK.

Ketika saya lulus SMK pada tahun 2013. Saya sempat bekerja selama 1 tahun dan pending untuk kuliah, untuk mencari pengalaman pekerjaan. Saya bekerja di PT Dankos Farma, Group Kalbe Farma di bidang Farmasi. Saya bekerja di bagaian Logistik, awalnya saya bertugas sebagai worker. Worker bertugas di receiving, receiving adalah penerimaan, jadi saya menerima dan mengecek material yang dibutuhkan oleh perusahaan, setelah beberapa lama saya dipilih untuk menjadi staff admin di bagian logistik, yang bertugas menginput data material yang masuk ke gudang. Saya bekerja sudah 2 tahun 4 bulan hingga sekarang. Ketika setahun saya kerja saya memutuskan bekerja sambil kuliah, saya ingin belajar agar tidak cukup sampai disini saja.


Saya dihadapkan dengan permasalahan mencari universitas. Saya sebenarnya sudah mempunyai tujuan jurusan pada saat itu, yaitu sistem informasi. Hingga akhirnya saya memulai kuliah tahun 2014, saya bekerja dan sambil kuliah, sebenarnya lelah bekerja sambil kuliah, tetapi demi cita-cita saya tetap berusaha agar apa yang inginkan bisa terwujud. aaamiiin ya Rabbalalaaamiiin mudah-mudahan semua usaha saya, semua kerjakeras saya, semua pengalaman-pengalaman saya diberi ridho oleh Allah SWT berserta kedua orang tua saya yang telah menjaga saya dari kecil hingga sedewasa ini, aaamiiin yaRab. Sekian dan terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar